Lima Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Pria Sehat - Kopi lebih dari sekedar air berwarna hitam karena terkandung banyak nutrisi di dalam biji kopi, seperti: Riboflavin (Vitamin B2), Asam pantotenat (vitamin B5), Mangan dan Kalium, Magnesium dan Niacin (B3). Kopi adalah salah satu Sumber Antioksidan yang sering disajikan ketika waktu luang, kerja malam ataupun hanya mengobrol dengan teman-teman.
Kopi juga paling sering disantap ketika pagi hari sebelum berangkat kerja. Bahkan bagi sebagian orang, kopi bisa dapat melawan depresi dan membuat lebih Bahagia. Dalam banyaknya manfaat yang terdapat pada kopi, FajarYuga.Com akan membahas 5 manfaat penting dari tiap secangkir kopi yang kita minum setiap hari. Inilah penjelasannya:

1.Kopi Melindungi Dari Demensia dan Alzheimer
Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Penyakit ini biasanya mempengaruhi orang-orang yang berusia di atas 65 tahun. Beberapa studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

2. Kopi Meningkatkan Energi dan Membuat Lebih Cerdas
Kopi dapat meningkatkan energi karena mengandung stimulan yang disebut kafein, yang sebenarnya adalah zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia. Setelah Anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah yang kemudian mengalir sampai ke otak. Banyak uji coba terkontrol pada manusia yang menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek dari fungsi otak. Yakni termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi umum kognitif.

3.Kopi Meningkatkan Kinerja Fisik
Kafein merangsang sistem saraf, menyebabkan ia mengirim sinyal ke sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tapi kafein juga meningkatkan epinefrin (adrenalin) dalam darah, yang merupakan hormon yang dirancang untuk membuat tubuh kita siap untuk aktivitas fisik yang intens. Kafein membuat sel-sel lemak memecah lemak tubuh, melepaskan mereka ke dalam darah sebagai asam lemak bebas dan membuat mereka tersedia sebagai bahan bakar. Karena itu, sangat masuk akal untuk minum secangkir kopi kental sekitar setengah jam sebelum Anda ke gym.

4. Kopi Membantu Membakar Lemak
Apakah Anda tahu bahwa kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakaran lemak komersial? Ada alasan baik untuk itu … kafein merupakan salah satu zat alami yang benar-benar telah terbukti membantu pembakaran lemak. Beberapa studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sekitar 3-11%. Studi lain menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10% pada orang dengan obesitas dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan bahwa efek ini akan berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

5.Kopi Bisa Menurunkan Resiko Parkinson
Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum kedua, setelah Alzheimer. Sama seperti dengan penyakit Alzheimer, belum ada obat-obatan medis yang bisa menyembuhkan penyakit ini, sehingga sangat penting untuk fokus pada pencegahan. Dalam penelitian, peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena Parkinson, dengan risiko berkisar 32-60%.

Selain kelima manfaat kopi yang sudah dijelaskan diatas, kopi juga dapat memberikan perlindungan terhadap hati. Bukan terlindung dari sakit hati akibat kekasih atau masalah lainnya, tetapi hati organ tubuh yang memiliki fungsi dalam tubuh dapat terlindungi dari penyakit sirosis, lemak hati dan hepatitis. Jadi, sudahkah anda minum kopi hari ini? share dan bagikan artikel ini jika anda rasa bermanfaat. Terimakasih ;)